Bab 5. Komponen Sistem Operasi

Daftar Isi

Pendahuluan
Kegiatan Sistem Operasi
Manajemen Proses
Manajemen Memori Utama
Manajemen Sistem Berkas
Manajemen Sistem M/K ( I/O)
Manajemen Penyimpanan Sekunder
Proteksi dan Keamaman
Rangkuman
Rujukan

Pendahuluan

Sistem operasi dapat dikatakan adalah perangkat lunak yang sangat kompleks. Hal-hal yang ditangani oleh sistem operasi bukan hanya satu atau dua saja, melainkan banyak hal. Dari menangani perangkat keras, perangkat lunak atau program yang berjalan, sampai menangani pengguna. Hal tersebut menyebabkan sebuah sistem operasi memiliki banyak sekali komponen-komponen tersendiri yang memiliki fungsinya masing-masing. Seluruh komponen yang menyusun sistem operasi tersebut saling bekerjasama untuk satu tujuan, yaitu efisiensi kerja seluruh perangkat komputer dan kenyamanan dalam penggunaan sistem operasi.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui komponen-komponen apa saja yang ada di dalam sebuah sistem operasi, agar kita bisa mempelajari sistem operasi secara menyeluruh. Bab ini menceritakan secara umum apa saja komponen-komponen yang ada di sistem operasi. Detail tentang setiap komponen tersebut ada di bab-bab selanjutnya dalam buku ini.

Tanpa satu saja dari komponen-komponen tersebut, bisa dipastikan sebuah sistem operasi tidak akan berjalan dengan maksimal. Bayangkan jika kita memiliki sistem operasi yang tidak memiliki kemampuan untuk menangani program-program yang berjalan sekaligus. Kita tak akan bisa mengetik sambil mendengarkan lagu sambil berselancar di internet seperti yang biasa kita lakukan saat ini.

Contoh sebelumnya hanya sedikit gambaran bagaimana komponen-komponen sistem operasi tersebut saling terkait satu sama lainnya. Mempelajari komponen sistem operasi secara umum dapat mempermudah pemahaman untuk mengetahui hal-hal yang lebih detail lagi tentang sistem operasi.

Dari berbagai macam sistem operasi yang ada, tidak semuanya memiliki komponen-komponen penyusun yang sama. Pada umumnya sebuah sistem operasi modern akan terdiri dari komponen sebagai berikut:

  • Manajemen Proses.

  • Manajemen Memori Utama.

  • Manajemen Sistem Berkas.

  • Manajemen Sistem M/K.

  • Manajemen Penyimpanan Sekunder.

  • Proteksi dan Keamanan.

Rujukan

[Silberschatz2005] Avi Silberschatz, Peter Galvin, dan Grag Gagne. 2005 . Operating Systems Concepts. Seventh Edition. John Wiley & Sons.

[WEBFSF1991a] Free Software Foundation. 1991 . GNU General Public License – http://gnui.vLSM.org/ licenses/ gpl.txt. Diakses 29 Mei 2006.

[WikiOS2007] Wikipedia, The Free Encyclopedia. 2007 . Operating System – http:// en.wikipedia.org/ wiki/ Operating_system. Diakses 8 Februari 2007.

[WikiGUI2007] Wikipedia, The Free Encyclopedia. 2007 . Graphical User Interface – http:// en.wikipedia.org /wiki/ GUI. Diakses 13 Februari 2007.

[WikiGUIHistory2007] Wikipedia, The Free Encyclopedia. 2007 . History of the graphical user interface – http:// en.wikipedia.org/ wiki/ History_of_the_ graphical_user _interface. Diakses 13 Februari 2007.

[WikiCLI2007] Wikipedia, The Free Encyclopedia. 2007 . Command Line Interface – http:// en.wikipedia.org/ wiki/Command_line_ interface. Diakses 13 Februari 2007.

[WikiSpooling2007] Wikipedia, The Free Encyclopedia. 2007 . Spooling – http:// en.wikipedia.org/ wiki/ Spooling. Diakses 7 Juni 2007.

[McGillOS2007] McGill University. 2007 . Operating System – http:// www.cs.mcgill. ca/~cs310/ lect_notes/ cs310_lecture02 .pdf. Diakses 10 Februari 2007.

[MattBlaze2004] Matt Blaze. 2004 . Operating System – http:// www.crypto.com/ courses/fall04/ cse380/20040921. pdf. Diakses 6 Juni 2007.